GARIS
– GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)
1. Mata Kuliah : Ilmu Kalam
2. Kode / SKS :
/2
3.
Deskripsi Singkat : Mata
kuliah ilmu kalam ini membicarakan tentang konsep ilmu kalam dalam classical periode, medieval period, dan
postmodern period. Pemahaman terhadap dinamika periodisasi pemikiran kalam
merupakan hal yang penting, karena berifat dinamis sehingga memahami
perkembangan pemikiran kekinian, materi ini menekankan pada perubahan mendasar
dari pola pikir kalam classic yang teosentirs menjuju kalam postmodern yang
lebih antroposentris dan teoantroposentris.
4. Semester : IV
5. TIU : Mahasiswa mampu memahami konsep pemikiran kalam
pada classical periode, medieval period,
dan postmodern period serta mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan
mengapresiasikan persoalan dalam dinamika kalam yang dinamis.
6. Pokok Bahasan
Pert ke
|
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Pengalaman belajar
|
Alokasi waktu
|
Sumber/bahan
/media/alat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
1.
|
Mahasiswa memahami kontrak belajar dan kisi-kisi materi Ilmu Kalam
|
Mahasiswa
mampu memahami kontrak belajar dan
kisi-kisi materi Ilmu Kalam
|
kontrak
belajar dan kisi-kisi materi Ilmu Kalam
|
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
SAP
|
2.
|
Mahasiswa memahami konsep dasar ilmu
kalam
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian dan manfaat ilmu kalam
|
Konsep
dasar Ilmu Kalam
|
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
Hasan Nahafi, dari aqodah ke revoluso
Abdul Rozaq, Ilmu Kalam
A.
Hanafi,
pengantar teologi Islam
|
3
|
Mahasiswa memahami
hubungan antara filsafat, tasawuf dan ilmu kalam
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan hubungan antara filsafat, tasawuf dan ilmu kalam
|
hubungan antara Filsafat,
Tasawuf dan Ilmu Kalam
|
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
Hasan Nahafi, dari aqodah ke revoluso
Abdul Rozaq, Ilmu Kalam
Hanafi, pengantar teologi Islam
|
4
|
Mahasiswa memahami
sejarah Ilmu Kalam
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan sejarah ilmu kalam
|
Sejarah Ilmu Kalam
|
2x50 menit
|
5
|
Mahasiswa mampu
memahami aliran, pemikiran, tokoh Khawarij dan Murji’ah
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan aliran, pemikiran, tokoh Khawarij dan Murji’ah
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam
(Khawarij
Dan Murji’ah)
|
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
|
6
|
Mahasiswa mampu
memahami aliran, pemikiran, dan tokoh Jabariyah dan Qodariyah
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan aliran, pemikiran, tokoh Jabariyah dan Qodariyah
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam
(Jabariyah
dan qodariyah)
|
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
|
||
7
|
Mahasiswa mampu
memahami aliran, pemikiran, dan tokoh Mu’taziah
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan aliran, pemikiran, dan tokoh Mu’taziah
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam klasik (Mu’taziah)
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
8
|
Mahasiswa mampu
memahami pemikiran, dan tokoh salaf (Ahmad bin Hambal dan Ibnu Taimiyah)
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh salaf (Ahmad bin Hambal dan Ibnu
Taimiyah)
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam klasik (Ahmad Bin Hambal dan Ibnu Taimiyah)
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
9
|
Mahasiswa mampu
memahami pemikiran, dan tokoh Ahlussunah (Asy’ariyah dan Maturidiyah)
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Ahlussunah (Asy’ariyah dan
Maturidiyah)
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam klasik
(Asy’ariyah
dan Maturidiyah)
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
10
|
Mahasiswa mampu
memahami pemikiran, dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan Iqbal)
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan Iqbal)
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam modern
(M.
Abduh dan Iqbal)
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
11
|
Mahasiswa mampu
memahami pemikiran, dan tokoh Kalam Kontemporer (Hasan Hanafi dan Ismail
Faruqi)
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Kalam Kontemporer (Hasan Hanafi dan
Ismail Faruqi)
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam kontemporer
(Hasan
Hanafi dan Ismail Faruqi)
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
12
|
Mahasiswa mampu
memahami pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM.Rasyidi dan Harun Nasution )
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM.Rasyidi dan Harun
Nasution )
|
Aliran-aliran
dalam ilmu kalam Indonesia (HM. Rasyidi dan Harun Nasution )
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
13
|
Mahasiswa mampu
memahami epistemology kalam klasic sampai kontemporere
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan epistemologi kalam klasic sampai kontemporer
|
Epistemologi
dinamisasi Kalam
|
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
14
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran kalam tokoh agama
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran kalam para tokoh agama
|
Pemikiran
kalam tokoh Pasuruan
|
Presentasi, Hasil observasi
|
2x50 menit
|
1,2,3,5
|
7. Daftar
Kepustakaan;
1. Ja’far
Subhani, 1997, Fil Milal Wan Nihal,
Pekalongan; Al-Hadi
2. Abdul
Rozak, 2012, Ilmu Kalam, Bandung;
Pustaka Setia.
3. A.
Hanafi, Pengantar Teologi Islam,
4. Hasan
Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi,
5. Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya,
6. Richard
C. Martin, dkk, Post-Mu’tazilah
7. M.
Abduh, Risalah Tauhid,
8. M.
Iqbal, Recontruction,
9. Wardani,
Epistemologi Kalam,
10. Amin
Abdullah, Falsafah Kalam,
11. In’an
Esha, Rethinking Kalam
8. Strategi Pembelajaran
Selama mengikuti perkuliahan
ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan :
·
Ceramah, tanya jawab,
latihan, dan diskusi kelas.
·
Mengerjakan tugas kelompok
·
Presentasi tugas kelompok masing-masing.
9. Media/ Alat Bantu/ Sumber Belajar
Media/ alat
bantu/ sumber belajar yang digunakan
dalam perkuliahan ini berupa; Whaite
board Spidol Boardmarker,
penghapus, laptop + LCD, Buku refrensi, Dosen pembina.
10.
Tugas kelompok
Jumlah kelompok menyesuaikan jumlah
mahasiswa dalam klaster pembelajaran.
Sistematika
penulisan karya tulis ilmiah:
1.
Cover (1 lbr), Kata pengantar (1 lbr)
2.
Pendahuluan (2 lbr)
a.
Latar belakang masalah
b.
Rumusan masalah (sesuaikan dengan sub pokok bahasan pada kolom ke empat pada SAP).
c.
Tujuan pembahasan (menjawab rumusan masalah).
3.
Pembahasan. (merupakan jawab atas
pemasalahan yang diangkat berdasarkan rumusan masalah) (minim 2lbr)
4.
Kesimpulan (1 lbr).
5.
Daftar Pustaka (minimal 2 buku) (1 lbr)
6.
Ketik di kertas A4, 1,5 spasi
7.
Tidak harus dijilid/cukup distaples
8.
Siapkan power point untuk presentasi
4 org di bagi tugas, 1 profil abduh, iqbal, 1 pemikiran, 1
power point, 1 moderator
11. Kriteria
Penilaian.
Komponen
yang di nilai
|
Bobot
(%)
|
Tugas-tugas
|
20
|
Presentasi
|
30
|
UTS
|
20
|
UAS
|
30
|
Jumlah
|
100
|
12. Tata tertib selama proses belajar mengajar;
1. Dosen
dan mahasiswea hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang ada pada jadwal
2. Keterlambatan
masuk kelas maksimal 15 menit, jika;
a. Dosen/seluruh
mahasiswa belum hadir lebih dari 15 menit maka perkuliahan secara otomatis
ditunda pada hari lain, sesuai dengan kesepakatan bersama.
b. Mahasiswa
yang datang lebih dari 15 menit, maka tidak diperkenankan absen.
3. Mahasiswa
menggunakan pakaian bebas tapi sopan dan bersepatu
4. Berpartisipasi
aktif dalam setiap kegiatan perkuliahan dan diskusi kelas
5. Tidak
diperkenankan ikut UAS, jika kehadirannya kurang dari 12 pertemuan.
atau bisa anda download dengan cara Clik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar