Perbandingan pendidikan

Rabu, 10 September 2014

Silabus Mata Kuliah Ilmu Kalam




GARIS – GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)
1. Mata Kuliah          : Ilmu Kalam
2. Kode / SKS                        :             /2
3. Deskripsi Singkat  : Mata kuliah ilmu kalam ini membicarakan tentang konsep ilmu kalam dalam classical periode, medieval period, dan postmodern period. Pemahaman terhadap dinamika periodisasi pemikiran kalam merupakan hal yang penting, karena berifat dinamis sehingga memahami perkembangan pemikiran kekinian, materi ini menekankan pada perubahan mendasar dari pola pikir kalam classic yang teosentirs menjuju kalam postmodern yang lebih antroposentris dan teoantroposentris.
4. Semester                 : IV
5. TIU                        : Mahasiswa mampu memahami konsep pemikiran kalam pada classical periode, medieval period, dan postmodern period serta mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengapresiasikan persoalan dalam dinamika kalam yang dinamis.
6. Pokok Bahasan
Pert ke
Kompetensi dasar
Indikator
Materi
Pengalaman belajar
Alokasi waktu
Sumber/bahan
/media/alat
1
2
3
4
5
6

1.
Mahasiswa memahami kontrak  belajar dan kisi-kisi materi Ilmu Kalam
Mahasiswa mampu memahami kontrak  belajar dan kisi-kisi materi Ilmu Kalam
kontrak belajar dan kisi-kisi materi Ilmu Kalam
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
SAP
2.
Mahasiswa memahami konsep dasar ilmu kalam
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan manfaat ilmu kalam
Konsep dasar Ilmu Kalam
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
Hasan Nahafi, dari aqodah ke revoluso
Abdul Rozaq, Ilmu Kalam
A.      Hanafi, pengantar teologi Islam

3
Mahasiswa memahami hubungan antara filsafat, tasawuf dan ilmu kalam
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan antara filsafat, tasawuf dan ilmu kalam
hubungan antara Filsafat, Tasawuf dan Ilmu Kalam
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
Hasan Nahafi, dari aqodah ke revoluso
Abdul Rozaq, Ilmu Kalam
Hanafi, pengantar teologi Islam
4
Mahasiswa memahami sejarah Ilmu Kalam
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah ilmu kalam
Sejarah Ilmu Kalam

2x50 menit


5
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran, tokoh Khawarij dan Murji’ah
Mahasiswa mampu menjelaskan aliran, pemikiran, tokoh Khawarij dan Murji’ah
Aliran-aliran dalam ilmu kalam
(Khawarij Dan Murji’ah)
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit

6
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran, dan tokoh Jabariyah dan Qodariyah
Mahasiswa mampu menjelaskan aliran, pemikiran, tokoh Jabariyah dan Qodariyah
Aliran-aliran dalam ilmu kalam
(Jabariyah dan qodariyah)
Brain stroming
Lecturing, Tanya jawab, Resitasi


7
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran, dan tokoh Mu’taziah
Mahasiswa mampu menjelaskan aliran, pemikiran, dan tokoh Mu’taziah
Aliran-aliran dalam ilmu kalam klasik (Mu’taziah)
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
8
Mahasiswa mampu memahami pemikiran, dan tokoh salaf (Ahmad bin Hambal dan Ibnu Taimiyah)
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh salaf (Ahmad bin Hambal dan Ibnu Taimiyah)
Aliran-aliran dalam ilmu kalam klasik (Ahmad Bin Hambal dan Ibnu Taimiyah)
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
9
Mahasiswa mampu memahami pemikiran, dan tokoh Ahlussunah (Asy’ariyah dan Maturidiyah)
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Ahlussunah (Asy’ariyah dan Maturidiyah)
Aliran-aliran dalam ilmu kalam klasik
(Asy’ariyah dan Maturidiyah)
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
10
Mahasiswa mampu memahami pemikiran, dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan Iqbal)
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan Iqbal)
Aliran-aliran dalam ilmu kalam modern
(M. Abduh dan Iqbal)
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
11
Mahasiswa mampu memahami pemikiran, dan tokoh Kalam Kontemporer (Hasan Hanafi dan Ismail Faruqi)
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran, dan tokoh Kalam Kontemporer (Hasan Hanafi dan Ismail Faruqi)
Aliran-aliran dalam ilmu kalam kontemporer
(Hasan Hanafi dan Ismail Faruqi)

Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
12
Mahasiswa mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM.Rasyidi dan Harun Nasution )
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM.Rasyidi dan Harun Nasution )
Aliran-aliran dalam ilmu kalam Indonesia (HM. Rasyidi dan Harun Nasution )
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
13
Mahasiswa mampu memahami epistemology kalam klasic sampai kontemporere
Mahasiswa mampu menjelaskan epistemologi kalam klasic sampai kontemporer
Epistemologi dinamisasi Kalam
Presentasi, Tanya jawab, Resitasi
2x50 menit
1,2,3,5
14
Mahasiswa mampu memahami pemikiran kalam tokoh agama
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran kalam para tokoh agama
Pemikiran kalam tokoh Pasuruan
Presentasi, Hasil observasi
2x50 menit
1,2,3,5






7. Daftar Kepustakaan;
1.      Ja’far Subhani, 1997, Fil Milal Wan Nihal, Pekalongan; Al-Hadi
2.      Abdul Rozak, 2012, Ilmu Kalam, Bandung; Pustaka Setia.
3.      A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam,
4.      Hasan Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi,
5.      Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya,
6.      Richard C. Martin, dkk, Post-Mu’tazilah
7.      M. Abduh, Risalah Tauhid,
8.      M. Iqbal, Recontruction,
9.      Wardani, Epistemologi Kalam,
10.  Amin Abdullah, Falsafah Kalam,
11.  In’an Esha, Rethinking Kalam

8. Strategi Pembelajaran

Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan :
·      Ceramah, tanya jawab, latihan, dan diskusi kelas.
·      Mengerjakan tugas kelompok
·      Presentasi tugas kelompok masing-masing.

9. Media/ Alat Bantu/ Sumber Belajar
Media/ alat bantu/ sumber belajar  yang digunakan dalam perkuliahan ini berupa; Whaite board Spidol Boardmarker, penghapus, laptop + LCD, Buku refrensi, Dosen pembina.
10. Tugas kelompok
      Jumlah kelompok menyesuaikan jumlah mahasiswa dalam klaster pembelajaran.
Sistematika penulisan karya tulis ilmiah:
1.    Cover (1 lbr),  Kata pengantar (1 lbr)
2.    Pendahuluan (2 lbr)
a. Latar belakang masalah
b. Rumusan masalah (sesuaikan dengan sub pokok bahasan pada kolom ke empat pada SAP).
c. Tujuan pembahasan (menjawab rumusan masalah).
3.    Pembahasan. (merupakan jawab atas pemasalahan yang diangkat berdasarkan rumusan masalah) (minim 2lbr)
4.    Kesimpulan (1 lbr).
5.    Daftar Pustaka (minimal 2 buku) (1 lbr)
6.    Ketik di kertas A4, 1,5 spasi
7.    Tidak harus dijilid/cukup distaples
8.    Siapkan power point untuk presentasi

4 org di bagi tugas, 1 profil abduh, iqbal, 1 pemikiran, 1 power point, 1 moderator
11. Kriteria Penilaian.
Komponen yang di nilai
Bobot (%)
Tugas-tugas
20
Presentasi
30
UTS
20
UAS
30
Jumlah
100

12. Tata tertib selama proses belajar mengajar;
1.      Dosen dan mahasiswea hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang ada pada jadwal
2.      Keterlambatan masuk kelas maksimal 15 menit, jika;
a.    Dosen/seluruh mahasiswa belum hadir lebih dari 15 menit maka perkuliahan secara otomatis ditunda pada hari lain, sesuai dengan kesepakatan bersama.
b.    Mahasiswa yang datang lebih dari 15 menit, maka tidak diperkenankan absen.
3.      Mahasiswa menggunakan pakaian bebas tapi sopan dan bersepatu
4.      Berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan perkuliahan dan diskusi kelas

5.      Tidak diperkenankan ikut UAS, jika kehadirannya kurang dari 12 pertemuan.


atau bisa anda download dengan cara Clik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar